Saturday, August 30, 2008

Tutorial Linux Ubuntu 8.04 (Bagian 1)

Sistem Operasi Linux makin digemari oleh para pencinta komputer. Semakin banyak distro Linux yang sudah beredar dan digunakan, seperti Mandrake (Mandriva), RedHat, Suse, PCLinux, dan Ubuntu. Yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah Linux Ubuntu versi 8.04.

Kata "Ubuntu" berasal dari Afrika yang berarti "humanity to others". Linux Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang akhir-akhir ini banyak dipakai karena GUI (Graphical User Interface)-nya yang user-friendly dan fasilitasnya yang tidak mengecewakan. Saya mencoba menjalankan Linux Ubuntu 8.04 ini secara live CD menggunakan laptop Toshiba dengan prosesor dual core, RAM 1.5 GB dan hard disk 120 GB. Live CD di sini maksudnya adalah saya menjalankan sistem operasi Linux Ubuntu 8.04 tanpa menginstalnya ke dalam hard disk komputer, tetapi cukup menjalankanya melalui CD.

Untuk menjalankan Linux Ubuntu 8.04 Live CD, ubahlah prioritas booting di BIOS komputer Anda ke CD/DVD. Atau, jika PC atau laptop Anda mempunyai fasilitas Boot Menu, masuk saja ke situ dan langsung pilih CD/DVD pada saat mau booting. Setelah beberapa detik, sistem operasi Linux pun berhasil dijalankan secara mulus. Desktop dengan tampilan dominan warna coklat muda yang indah dan sejuk menghiasi layar. Sekarang saatnya menjelajahi Linux Ubuntu 8.04 Live CD! Mau ikutan? Tunggu bagian berikutnya!

1 comment:

Unknown said...

kapan nih bagian k,duanya . aku tunggu ya... klo bs informasinya lbh bnyk.. makasih